Tuesday, March 15, 2011

3 Tips Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri


Kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting di dalam menjalani kehidupan, karena tanpa kepercayaan diri akan sangat sulit meraih apa yang menjadi impian anda serta menjalani hidup dengan penuh keceriaan. Kepercayaan diri juga mempengaruhi setiap keputusan yang kita ambil, karena semakin yakin anda terhadap diri anda, semakin mantap keputusan-keputusan yang anda buat bagi kehidupan yang sedang anda jalani. Oleh karena itu lewat artikel yang singkat ini saya ingin berbagi 3 tips bagaimana meningkatkan kepercayaan diri agar anda dapat melakukan hal-hal yang luar biasa di dalam kehidupan.


Yang pertama adalah, yakinilah bahwa anda adalah pribadi yang unik dan tiada duanya di dunia ini. Setiap orang dilahirkan dengan keunikan dan bakat yang berbeda, demikian juga anda adalah pribadi yang unik dan tidak ada duanya di muka bumi ini. Kita semua adalah makhluk spesial yang diciptakan oleh pencipta untuk menjadi pribadi-pribadi yang sukses. Anda dan saya telah melewati begitu banyak rintangan untuk dapat menjadi manusia ketika berjuang di dalam rahim ibu kita, untuk itulah anda harus yakin bahwa anda adalah pribadi yang dilahirkan sebagai pemenang. Tidak seorang pun yang memiliki kesamaan persis seperti diri anda, anda adalah pribadi yang unik, diciptakan untuk menjadi pemenang, oleh sebab itu anda harus bangga menjadi diri anda. Dengan meyakini ini di dalam hati anda telah meningkatkan kepercayaan di dalam diri.

Yang kedua adalah, teruslah belajar sepanjang umur hidup anda. Banyak pribadi yang tidak memiliki kepercayaan diri karena mereka tidak memiliki pengetahuan yang up to date untuk digunakan di dalam kehidupan. Untuk itulah anda harus mau menjadi seorang pembelajar seumur hidup agar kepercayaan diri anda semakin hari semakin meningkat. Kita semakin percaya diri ketika mengetahui bahwa kita siap menjalani kehidupan dan mampu mengendalikan sikap kita melewati tantangan di dalam hidup. Hal ini dapat diperoleh dengan secara konsisten belajar dan terus belajar di dalam hidup. Salah satu yang perlu anda lakukan untuk menambah pengetahuan anda adalah dengan rajin dan konsisten membaca buku-buku yang membantu pengembangan diri anda. Belilah buku-buku yang positif secara rutin dan bacalah dengan konsisten, hal ini akan menambah pengetahuan dan kepercayaan diri karena anda akan semakin siap menjalani kehidupan serta dapat mengendalikan sikap anda dengan menggunakan pengetahuan yang anda miliki. Ikutilah seminar-seminar motivasi, pengembangan diri, atau pelatihan yang dapat menambah kemampuan anda dibidang pekerjaan yang sedang anda tekuni, jika dilakukan secara konsisten hal ini akan menbawa kepercayaan diri anda meningkat drastis dan membuat anda semakin siap menjalani kehidupan serta mempermudah untuk mengendalikan sikap dalam melewati tantangan-tantangan kehidupan. Dengar dan tonton kaset, cd, vcd, dan dvd pengembangan diri disetiap kesempatan yang anda bisa. Seperti ketika anda sedang menjalankan mobil menuju suatu tempat, menunggu datangnya tamu ke rumah, atau mungkin sedang duduk-duduk santai di dalam kantor anda. Semakin banyak pengetahuan dan motivasi di dalam diri, semakin tinggi pula kepercayaan diri seseorang. Cobalah dan anda akan merasakan dampak yang luar biasa dengan meningkatnya kepercayaaan di dalam diri anda.

Yang ketiga adalah, ubahlah keadaan fisiologi anda. Jika anda sering berjalan dengan langkah yang lambat, bahu ke bawah, serta kepala ditundukkan, ubahlah dengan langkah yang agak cepat serta mantap diikuti dengan kepala ditegakkan serta bahu yang tegap. Dengan cara ini anda mengakses kepercayaan diri dengan mengubah keadaaan atau posisi tubuh anda. Setiap hari gunakanlah baju-baju yang mengangkat citra diri anda, dengan begitu kepercayaan diri akan meningkat karena anda memperlakukan diri anda sebagai pribadi yang spesial. “Tampilan luar bukanlah segalanya, tetapi tampilan luar juga merupakan cerminan apa yang ada di dalamnya.”

Dengan melakukan tips-tips di atas anda telah menjadikan diri anda seseorang yang semakin hari semakin percaya diri. Dengan kepercayaan diri anda akan semakin mudah mencapai apa yang menjadi impian serta menjalani hidup dengan lebih banyak keceriaan. Selamat mencoba. Make everything is possible with Self-Management. Salam FunTastic!

Sumber : www.andriankusnadi.com

0 comments:

Post a Comment