Tuesday, March 15, 2011

5 Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadikan Impian Anda Kenyataan


Setiap manusia yang hidup di dunia ini memiliki impian yang berbeda-beda. Ada yang ingin menjadi pebisnis yang sukses, ada yang ingin menjadi artis, ada yang ingin menjadi penolong bagi sesama, dan berbagai macam impian yang berbada-beda lainnya. Terlepas dari apapun impian anda tentu setiap kita ingin impian-impian tersebut menjadi kenyataan di dalam hidup. Oleh karena itu mari kita teliti bersama apa yang perlu kita lakukan sehingga impian-impian itu bisa terwujud dan tidak menjadi angan-angan belaka.


Langkah pertama adalah milikilah impian yang jelas di dalam kehidupan. Sangat banyak orang memiliki impian namun mereka tidak mempunyai gambaran yang jelas tentang impian mereka. Yang paling umum ketika seseorang ditanya tentang impiannya adalah mereka menjawab dengan mengatakan mereka ingin menjadi orang kaya. Dengan memiliki impian seperti ini anda belum menemukan apa yang kita sebut sebagai impian yang jelas. Impian yang jelas mampu memberikan gambaran detail bahwa anda akan kaya dengan menjalani suatu profesi tertentu seperti dokter, pebisnis, pegawai perusahaan, entertainer, atau apapun yang menjadi minat, bakat, serta potensi anda. Impian yang jelas juga memberikan gambaran detail berapa penghasilan yang ingin anda hasilkan di dalam hidup dan kapan anda ingin mewujudkannya. Apakah 10 tahun dari sekarang atau 20 tahun dari hari ini. Semua harus merupakan impian yang jelas. Jika anda masih sulit mengimajinasikan apa yang menjadi impian anda, buatlah dreams book dengan menempelkan gambar-gambar yang mengingatkan anda tentang impian anda. Tulis penjelasan-penjelasan yang perlu anda lampirkan di samping gambar tersebut, sehingga apabila anda melihatnya anda tahu dengan jelas apa yang menjadi impian anda.

Langkah kedua adalah membuat perencanaan yang mendukung dan bisa membuat anda mencapai impian anda. Sangat banyak orang yang memiliki impian tetapi tidak memiliki perencanaan untuk merealisasikannya. Sehingga ketika mereka memiliki impian mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, mereka berhenti hanya pada langkah pertama. Ini adalah salah satu penyebab yang paling umum sehingga banyak orang tidak pernah berhasil meraih apa yang menjadi mimpi mereka. Tuliskan rencana-rencana tersebut di samping gambar dreams book anda, tulis sebanyak mungkin rencana yang ingin anda lakukan untuk mewujudkan semua impian anda. Kemudian susun rencana-rencana tersebut secara berurutan sesuai dengan apa yang perlu dan yang paling pertama untuk dilakukan.

Langkah ketiga adalah mulailah melakukan semua yang telah direncanakan untuk mewujudkan impian anda. Semua impian dan perencanaan tanpa disertai tindakan tidak akan membuat semua impian dan perencanaan yang indah itu terwujud. Anda harus segera bertindak setelah melakukan langkah pertama dan langkah kedua agar impian anda bisa menjadi kenyataan. Perjalanan seribu mil dimulai dengan langkah pertama dan diteruskan dengan langkah selanjutnya, itulah yang harus secepat mungkin anda lakukan setelah menyelesaikan kedua langkah sebelumnya. Bertindaklah sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan, namun ubahlah terus pendekatan anda sehingga apa yang anda lakukan selalu membawa selangkah lagi semakin dekat dengan impian anda.

Langkah keempat adalah teruslah menambah pengetahuan anda tentang apapun yang berhubungan dengan impian anda. Teruslah membaca buku-buku yang membantu anda dalam perjalanan untuk mewujudkan impian-impian anda. Salah satu presiden Amerika Abraham Lincoln pernah berkata,” Jika saya diberikan waktu 3 jam untuk menebang sebuah pohon dengan kapak maka saya akan menggunakan 2 jam pertama untuk mengasah kapaknya.” Ilmu pengetahuan sangatlah penting bagi setiap kita, tanpanya kita menjadi seperti kapak yang telah tumpul dan tidak dapat menyelesaikan tugas kita dengan baik. Oleh karena itu tambah terus pengetahuan yang anda miliki, terutama yang berhubungan dengan apa yang menjadi impian anda. Anda akan terkejut melihat hasil yang dapat diberikan dengan melakukan hal ini secara konsisten. Anda akan menjadi pribadi yang tajam dan profesional tentang hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan serta impian anda.

Langkah kelima adalah ambil satu keputusan serta komitmen bahwa anda tidak akan pernah berhenti sebelum mencapai semua yang menjadi impian anda. Banyak sekali pribadi yang telah memiliki keempat hal langkah di atas, namun mereka belum memiliki langkah yang kelima ini. Sehingga ketika mereka bertemu dengan tantangan-tantangan di dalam perjalanan mewujudkan impian, mereka bukannya terus berjuang tetapi berhenti dan merelakan impian mereka. Sangat banyak yang telah memiliki impian, mempunyai perencanaan, mulai bertindak, dan memiliki pengetahuan namun mereka berhenti hanya sampai langkah mereka yang keempat. Sehingga impian-impian yang seharusnya menjadi milik mereka tidak pernah dicapai. Sama ketika anda memiliki suatu tujuan untuk ditempuh, misalkan dari rumah menuju ke kota yang berada di luar negeri. Anda telah menemukan gambaran yang jelas tempat yang ingin anda kunjungi, kemudian anda juga telah memiliki perencanaan bagaimana agar anda bisa sampai ke tempat yang ingin anda kunjungi. Setelah itu anda mulai bertindak dan menambah pengetahuan anda dengan ide-ide funtastic bagaimana cara untuk bisa sampai lebih cepat ke tampat tersebut. Namun ketika anda baru setengah jam di dalam perjalanan anda menghentikan semua upaya anda untuk pergi mengunjungi tempat tersebut. Apalah artinya langkah pertama sampai langkah keempat anda lakukan namun anda tidak melakukan langkah yang kelima. Komitmen, disiplin, dan ketekunan dibutuhkan untuk dapat meraih semua yang menjadi impian anda. Nah, anda telah mempelajari tehnik-tehnik untuk dapat mewujudkan setiap impian di dalam kehidupan. Sekarang waktunya anda mulai mempraktekkan dan mengambil tindakan, niscaya impian anda akan menjadi kenyataan. Make everything is possible with Self-Management. Salam FunTastic!

Sumber : www.andriankusnadi.com

1 comments:

Unknown said...

Semua impian kita dapat menjadi nyata,
jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya
(Walt Disney)

Post a Comment