Thursday, September 29, 2011

Membangun Link Balik Bag 1

Saya bukan ahlinya tentang masalah membangun link balik, tetapi saya sedang belajar dan hasil belajarnya saya posting disini.

Jangan sungkan untuk memberikan mansukan terhadap tulisan ini dan tulisan selanjutnya supaya lebih berbobot dan bermanfaat bagi kita semua.

OK?
Mari kita mulai.
Mengapa harus membangun link balik?


Kita kembali ke “pola pikir” search engine (SE). SE ingin memberikan hasil yang berkualitas dengan cara menampilkan situs-situs yang dianggap berkualitas. Jumlah link terhadap sebuah situs bisa menunjukan sejauh mana kualitas website tersebut. Semakin banyak link balik dianggap semakin bagus karena banyak orang yang menjadikan website kita sebagai rujukan. Setidaknya sampai saat ini, inilah anggapan kebanyakan (atau semua?) SE.

Jadi dengan membangun link balik, artinya kita membuat kesan terhadap SE bahwa situs kita berkualitas atau disebut juga memiliki autoritas tinggi.
Cara Terbaik Membangun Link

Dengan pola pikir kualitas, maka cara membangun link terbaik ialah dengan menampilkan konten yang berkualitas dalam situ kita. Maka secara otomatis link balik akan berdatangan tanpa campur tangan kita. Sebagai contoh ialah website Adobe yang memiliki PR 10, karena banyak sekali orang yang merujuk situs tersebut. Penyebabnya Adobe membuat software yang banyak digunakan dan bermanfaat, yaitu Adobe Acrobat Reader.

Jadi, jika kita ingin punya situs yang banyak link balik secara otomatis, buatlah website yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi banyak orang.
Cara Tambahan Membangun Link

Mungkin diantara kita mengenal membangun link balik itu dengan submit ke social bookmark, blog commenting, dan sebagainya. Menurut saya, ini adalah hanya cara tambahan untuk mempercepat jumlah link balik ke situs kita. Jujur saja, cara seperti ini kurang disukai oleh SE karena tidak menunjukkan kualitas situs kita sebenarnya.

Sebagai bukti, Google terang-terangan tidak menyukai jual beli link. Google meminta kita melaporkan penjualan link agar mereka bisa “tidak menghitung” link balik yang berasal dari jual beli link.

Namun, menurut banyak ahli SEO saat ini, cara membangun link tambahan ini masih tetap berpengaruh terhadap SEO kita. Semakin banyak link masuk akan semakin bagus, sebab SE masih kesulitan untuk membedakan link alami atau link yang disengaja oleh kita sendiri.

Terlepas, bagaimana masa depan SE yang mungkin akan bisa membedakan link tersebut, membangun link tetap berguna. Setidaknya untuk mendapatkan pengunjung langsung dan mempercepat halaman kita terindex jika kita memiliki link balik dari situs dengan PR tinggi.

0 comments:

Post a Comment